Just another WordPress site
Umum  

4 Tips Menyelenggarakan Seminar Sukses

4 Tips Menyelenggarakan Seminar Sukses

Seminar memerlukan persiapan matang dan eksekusi yang tepat. Penyelenggara acara seminar harus bertanggung jawab untuk mengakomodasi pembicara maupun peserta seminar itu sendiri. Inilah mengapa diperlukan pengetahuan akan tips menyelenggarakan seminar sukses.

Bukan hanya dari segi persiapan saja, eksekusi seminar juga harus tepat. Misalnya seperti pemilihan lokasi, waktu, vendor tas seminar, dan sebagainya. Nah, pada ulasan berikut ini akan dibahas kiat-kiat yang layak dicoba agar acara seminar berjalan lancar. Berikut beberapa tipsnya:

1. Mengangkat Tema yang Menarik

Pemilihan tema acara seminar perlu dipertimbangkan dengan matang. Untuk menentukan tema yang tepat, penyelenggara seminar dapat meninjau kembali konsep serta tujuan dari acara seminar yang akan diselenggarakan.

Umumnya, acara seminar memang hanya memiliki tujuan untuk membagikan ilmu dan informasi. Namun, tentu saja ini tidak menutup kemungkinan untuk tujuan lainnya seperti promosi produk atau layanan.

Berangkat dari tujuan dan konsep awal, penyelenggara bisa menentukan tema yang relevan. Selain memastikan pemilihan tema relevan dengan konsep awal, sebisa mungkin buatlah tema yang menarik atau sedang ramai diperbincangkan.

2. Memilih Pembicara yang Tepat

Dengan tema acara yang sudah ditentukan dan disetujui oleh semua pihak penyelenggara, tips berikutnya adalah memilih narasumber yang tepat. Agar informasi dan ilmu dari seminar tersampaikan dengan baik pada peserta maka semestinya pembicara haruslah sesuai dengan topik yang dibicarakan.

Pastikan untuk memilih narasumber yang memiliki kredibilitas serta kapasitas tepat untuk berbicara mengenai topik seminar yang sudah ditentukan. Bukan hanya itu saja, popularitas narasumber juga patut dipertimbangkan. Semakin populer pembicara maka semakin banyak peserta yang tertarik.

3. Membuat Materi Promosi Menarik

Tema menarik dan pembicara yang hebat tentu akan percuma tanpa adanya materi promosi yang menarik juga. Penyelenggara dapat membuat materi promosi dalam bentuk berbagai desain. Misalnya seperti brosur flyer, poster, post di media sosial, dan sebagainya.

Beberapa informasi utama yang wajib dicantumkan dalam materi promosi adalah seperti tema seminar, pembicara, lokasi dan waktu seminar, serta daftar sponsor. Materi promosi ini tentu akan lebih menarik dengan adanya hadiah doorprize untuk peserta.

4. Menyediakan Seminar Kit

Tips terakhir agar seminar sukses adalah menyediakan seminar kit. Fasilitas berupa perlengkapan seminar yang lengkap, tentu saja ini dapat meningkatkan antusiasme peserta untuk mengikuti acara seminar. Beberapa barang yang termasuk dalam seminar kit antara lain seperti tas seminar, pena, dan buku catatan.

Selain bisa meningkatkan antusiasme peserta, seminar Kit juga bisa menjadi metode promosi yang tepat. Peserta seminar berpotensi untuk menggunakan kembali seminar kit di luar acara seminar. Dengan begitu nama acara atau promosi yang tertera di tas seminar bisa dilihat oleh khalayak umum.

Itulah beberapa tips untuk membantu penyelenggara mewujudkan seminar sukses. Pastikan untuk memilih vendor-vendor terbaik agar acara seminar berjalan lancar. Untuk vendor tas yang direkomendasikan adalah produsen Tas Seminar